Special Lecture: Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas bersama Dr. Ugi Suharto

Written by | Berita, Nasional

poster-special-lecture-pemikiran-prof-al-attas-bersama-dr-ugi

Inpasonline.com – Institut Pemikiran dan Peradaban Islam (InPAS) mempersembahkan :

Special Lecture: Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas bersama Dr. Ugi Suharto (Pendiri INSISTS)

Diselenggarakan secara luring (offline) pada:
🗓 Sabtu, 19 November 2022
🕰 09.00-15.30 WIB
📍 Dubai Meeting Room, Hotel Namira, Surabaya

Infaq: Rp 200.000,-
(dapat kembali jika peserta hadir hingga acara selesai)

Pendaftaran: bit.ly/SLP_Al-attas (kuota terbatas)

Pengantar:

Syed Muhammad Naquib al-Attas adalah seorang intelektual ulung yang gagasan dan tindakannya didasarkan pada tradisi keilmuan Islam, tapi tidak kehilangan relevansinya di masa kehidupan sekarang. Membaca gagasan beliau akan membuat kita berpikir jernih dalam menjawab masalah terkini yang timbul dari tantangan luar dunia Islam, maupun masalah yang diakibatkan oleh umat Islam itu sendiri.

Apa yang membuat kita bisa berpikir jernih saat membaca gagasan beliau adalah sebab beliau menguraikan persoalan dan tantangan yang dihadapi umat Islam secara lugas, tanpa terburu-buru menyimpulkan dan mengambil posisi terlebih dahulu, sehingga argumentasi beliau dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Ketika berbicara sekularisasi sebagai program falsafah misalnya, beliau menarik penjelasannya dengan berangkat dari pengalaman dan kesadaran masyarakat Barat pada masa lampau, beserta perkembangannya dalam sejarah Barat, sampai kemudian mendudukkan posisi sekularisasi dalam timbangan Islam.

Dalam menguraikan tentang Islam sebagai agama (dīn) dan asas akhlak, misalnya, beliau menguraikan secara runut dan ringkas, namun memberikan signifikansi makna yang luar biasa bagi pembacanya. Bahkan, beliau bandingkan bagaimana etika dan moralitas dalam Islam memberikan kekuatan yang membekas bagi jiwa dibandingkan dengan etika dan moralitas Barat.

Gagasan beliau patut ditelaah lebih lanjut bagi kita generasi muslim saat ini.

Narahubung:
wa.me/6287852203370 (Teguh)
_______

Institut Pemikiran dan Peradaban Islam
Dukungan atas program ini dapat disalurkan melalui rekening Bank Muamalat 7080007497 atas nama M. Maskur. Setelah transfer, mohon konfirmasi melalui wa.me/6285730795270 (Rafel).
Instagram: @inpas.indonesia
Facebook: InPAS Indonesia
Website: inpasonline.com

Last modified: 17/11/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *