UI Bangun Perpustakaan Terbesar Dunia

No comment 407 views

“Rencananya selesai dibangun pada akhir Desember 2009,” kata Rektor (UI) Gumilar Soemantri. Rupanya rencana tersebut tidak main-main, karena pemancangan tiang pertama pembangunan gedung utama perpustakaan di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, telah dilaksanakan pada bulan Juni kemarin. Fasilitas baru ini merupakan bagian upaya meningkatkan kualitas SDM dan jantung dari kegiatan akademik UI kelak. Bukan hanya mahasiswa dan civitas akademisi yang bisa menggunakannya, tapi juga masyarakat luas. Kompleks pepustakaan ini terdiri dari tiga gedung utama yang masing-masing memiliki 8 lantai. Di sekelilingnya terdapat 10 gedung
 lain yang merepresentasikan banyaknya fakultas di UI dan semuanya terhubung dengan fasilitas belajar terkemuka di luar negeri.
 “Koleksi buku yang bisa ditampung antara 3 sampai 5 juta judul buku. Ini akan menjadi salah satu yang terbesar dunia,” papar Gumelar. Bukan hanya terbesar di dunia, kompleks perpustakaan tersebut juga memerapkan konsep ramah lingkungan dalam kegiatan operasionalnya kelak. Misalnya menggunakan solar cell sebagai pemasok energi, menekan penggunaan plastik dan kertas serta menghemat penggunaan air.
 “Kendaraan bermotor dilarang masuk. Untuk sarana transportasi dalam kompleks bisa jalan kaki atau menggunakan sepeda,” imbuhnya. (mm)

BACA JUGA  Pernyataan Sikap dan Rekomendasi MUI Jawa Timur dan Kab/Kodya Se Jatim (1)
No Response

Leave a reply "UI Bangun Perpustakaan Terbesar Dunia"