Siaran Pers Bedah Buku “Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Tentang ‘Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya”

bedah buku disc-ui2Inpasonline.com–Depok Islamic Study Circle (DISC) Masjid UI yang merupakan organisasi yang bernaung di bawah Bidang Pendidikan Masjid UI pada hari Jumat, 7 Maret 2014 telah menyelenggarakan peluncuran dan bedah buku Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Tentang “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya” karya Prof. Dr. H. M. Rasyidi. Acara yang juga didukung oleh Keluarga Alumni Masjid Universitas Indonesia (KALAM UI) ini bertajuk “Prof. Dr. H. M. Rasyidi: Ulama-Guru Besar UI Penjaga Akidah Umat”. Dalam acara yang dilaksanakan di Aula Terapung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia tersebut, turut hadir pula sebagai pembicara, Hidayat Achyar, S.H., pengacaramurid Prof. Dr. H. M. Rasyidi, Dr. Daud Rasyid Sitorus, Lc., M.A., pakar hadits dan alumni Universitas Al-Azhar Mesir, dan Adnin Armas, M.A., direktur eksekutif INSISTS.

Sudah sejak awal 1970-an, H.M. Rasyidi menulis tentang bahaya penggunaan buku Harun Nasution yang yang memaparkan konsepsi Islam dari berbagai aspek tersebut. Harun Nasution dapat dikatakan memilki andil besar dalam perombakan dan pembaruan studi agama di Indonesia terutama melalui bukunya, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, yang digunakan sebagai salah satu referensi penting bagi seluruh mahasiswa di IAIN (sekarang UIN) di seluruh Indonesia.

Pada awalnya, buku Harun Nasution mulai disebarkan secara luas setelah hasil rapat rektor IAIN se-Indonesia pada Agustus 1973 di Ciumbuluit, Bandung, dimana Departemen Agama RI memutuskan: buku “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya” karya Prof. Dr. Harun Nasution direkomendasikan sebagai “buku yang akan bermanfaat terutama untuk mata kuliah Pengantar Agama Islam- mata kuliah konponen Institut yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa IAIN, apapun fakultas dan jurusannya.”

Mengetahui bahwa buku Harun Nasution mulai dijadikan rujukan oleh banyak mahasiswa, Prof. H.M. Rasyidi kemudian memberikan peringatan kepada Departemen Agama yang intinya mengkritik buku Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya dan menunjukkan bahwa gambaran Dr. Harun tentang Islam itu sangat berbahaya.

BACA JUGA  Rawat Silaturrahim, Raih Kebahagiaan

Selama satu tahun lebih peringatan Prof. Rasyidi tidak digubris. Pak Rasyidi, yang juga Menteri Agama RI pertama, akhirnya mengambil jalan untuk mengingatkan Depag, IAIN, dan umat Islam Indonesia dengan menerbitkan kritiknya terhadap buku Harun tersebut. Maka pada tahun 1977, lahirlah buku Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Tentang “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya” karya Prof. Dr. H. M. Rasyidi.

Kini, setelah lebih dari 35 tahun berlalu, peringatan dan nasehat Prof. Rasyidi menjadi kenyataan. Buku Harun Nasution telah menjadi pembuka masuknya arus sekularisasi dan liberalisasi yang marak di dalam arena studi Islam. Hal inilah yang kemudian mendorong DISC Masjid UI untuk menerbitkan kembali karya Prof. Dr. H. M. Rasyidi, Ulama sekaligus Guru Besar Universitas Indonesia. DISC Masjid UI berharap, penerbitan kembali buku Pak Rasyidi dapat membentengi umat Islam khususnya mahasiswa Muslim dari arus liberalisme dan pluralisme agama serta turut berperan dalam penyebarluasan khazanah pemikiran Islam di Indonesia.

Depok Islamic Study Circle (DISC) Masjid UI merupakan organisasi di bawah naungan bidang pendidikan Masjid UI yang mengkaji pemikiran dan peradaban Islam. Dalam Program Strategis Mesjid UI dirumuskan bahwa DISC dimaksudkan untuk melaksanakan program strategis di bidang pendidikan. Disebutkan lebih lanjut bahwa DISC merupakan forum cerdik-pandai muslim warga UI yang akan menjadi laboratorium kajian Islam bagi berbagai disiplin ilmu untuk mencari titik temu struktur, metode, tujuan, dan manfaat ilmu, teknologi dan seni dengan risalah Islam. (M.Romli/DISC-UI)

No Response

Leave a reply "Siaran Pers Bedah Buku “Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Tentang ‘Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya”"