Semantic Field dalam Bahasa Arab

Written by | Opini

Seperti kata iman, amn dan amanah. Kata-kata tersebut memiliki kesamaan struktur. Yakni tersusun dari huruf-huruf hamzah, min dan nun. Iman memiliki makna orang yang percaya kepada Allah sebagai Tuhannya. Berkaitan dengan kata iman ini adalah amn, yang berarti aman, damai. Maknanya, orang yang beriman haruslah bersifat amn; suka damai, membenci kerusakan dan kebatilan. Juga kata amanah, dimana amanah ini adalah sebuah sifat menjaga kepercayaan, tidak berkhianat. Maka orang yang beriman haruslah memiliki sifat amanah, menjaga kepercayaan yang diberikan kepadanya.

            Contoh lainnya, hubungan antara kata dzanab dan dzanbun yang tersusun dari huruf dzal, nun dan ba’.  Dzanab adalah sebuah kata arab untuk menyebut ekor binatang melata seperti buaya, biawak atau kadal. Sedangkan dzanbun adalah dosa. Dzanab (ekor) adalah sebuah beban yang bersifat menghambat dan memperlambat gerak. Seperti buaya yang tampak lambat dan susah bergerak di darat karena ekornya yang teramat besar dan panjang. Demikian pula sifat dari dzanbun (dosa), dimana dosa akan menghambat dan memperlambat manusia dari amal-amal ibadah. Orang yang berdosa, akan terasa amat berat dan susah untuk beribadah.

Dunya dan Danaa, tersusun dari huruf dal, nun dan ya’ dunya adalah dunia, tempat dimana kita hidup di alam sebelum meninggal. Dunia adalah tempat bagi manusia untuk beramal sebelum ia meninggal dan amalnya itu akan dipertanggunjawabkan. Danaa, berarti dekat atau rendah.  Dunyaa atau dunia ini juga memiliki kesamaan sifat dengan danaa, dunia bersifat dekat, karena dunia ini memang kecil dibandingkan alam raya ini. Dunia juga bersifat rendah, karena dunia ini, jika dibandingkan dengan akhirat, sangatlah rendah dan tidak ada nilainya. Dunia tempat dimana makanan menjadi busuk, benda-benda akan rusak dan manusia akan semakin lemah dan mati. Sedangkan akhirat, tempat dimana makanan tetap abadi dan manusia tidak akan menua. Jika dari sisi bahasa saja sudah menunjukkan jati diri dunia, mengapa banyak sekali manusia yang masih menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya?

Islam dan salam, tersusun dari huruf dasar sin, lam dan mim. Islam berarti nama sebuah agama yang diturunkan dan diridhoi oleh Allah, bisa juga bermakna pasrah, dan bisa juga bermakna damai. Salam, berarti damai. Dengan demikian, orang yang memeluk Islam sebagai agama, seharusnya memiliki sifat pasrah, menyerahkan diri kepada Allah. Sebagaimana orang yang menyerahkan diri, disuruh apapun dia akan menjalankannya, dilarang apapun dia akan menjauhinya. Disuruh sholat, zakat, puasa, shodaqoh atau apapun, dia akan menaatinya. Sebaliknya, dilarang apapun dia akan menjauhinya. Dilarang membunuh, dilarang zina dilarang mencuri dia akan menjauhinya. Sifat Islam yang lain adalah damai. Maka seorang yang memeluk islam sebagai agama, seharusnya ia suka kedamaian dan menjauhi perseteruan. Perdamaian menjadi bagian hidupnya.

Dan sangat banyak, kata-kata dalam bahasa arab yang masih perlu kita pahami sifat dan hubungannnya, seperti kata sholih, jannah, iblis, malaikat, maal dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Teringat Sodom, Terkenang Pompei

Last modified: 14/02/2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *