PP. Sidogiri Studi Banding ke PKU UNIDA Gontor

11201810_1678485622416231_7380847332501679243_nInpasonline.com-Jum’at, 18/03/2016 Pondok Pesantren (PP) Sidogiri Pasuruan mengunjungi PKU (Program Kaderisasi Ulama) Unida (Universitas Darussalam) Gontor. Kunjungan ini dalam rangka studi banding tentang manajemen dan kurikulum yang ada di PKU Unida Gontor.

Rombongan PP Sidogiri yang berjumlah 11 orang yang diketuai oleh Ustadz Saiful Ulum disambut hangat oleh para staf dan pimpinan PKU.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan upaya pemaksimalan mutu dan kajian lembaga penelitian dan studi Islam (LPSI) Kuliah Pondok Pesantren Sidogiri”, ujar Ustadz Saiful Ulum.

Di ruang Pertemuan Pasca Sarjana Unida gontor, Dr. Hamid Fahmy Zarkayi, M. A dan Ustadz Imam Kamaluddin menyampaikan pengalaman dalam memanage program Kaderisasi Ulama sejak tahun 2008 itu .

Dimulai sejak pukul 09.15 hingga menjelang adzan sholat jum’at dikumandangkan, para peserta kunjungan sangat antusias sekali mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh kedua pembicara tadi.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari tamu dan tuan rumah. Selanjutnya, Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A memberi penjelasan terkait masalah manajemen dan kurikulum PKU Unida gontor.

“Sejarah adanya program PKU di Gontor ini, didasari dari pemikiran para majelis ulama yang resah akan pemikiran-pemikiran barat yang mulai gencar ingin menghancurkan pemikiran islam”, ujar Hamid Fahmy Zarkasyi.

Ia menambahkan bahwa pemikiran-pemikiran barat yang ada saat ini,seperti pluralisme, feminisme, materialisme, liberalisme, sekulerisme, dan lain sebagainya yang mana itu semua dari peradaban barat sangat meresahkan umat islam. Maka dari itu, haruslah ada suatu program yang mendalami peradaban barat ini, dengan berasaskan peradaban islam terlebih dahulu.

Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat tali silathurrahim antara PKU Unida Gontor dan Pondok Pesantren Sidogiri. Diakhir pembicaraan, beliau mengharapkan adanya utusan dari pondok pesantren sidogiri untuk mengikuti program PKU pada tahun ini.

BACA JUGA  InPAS adakah Kajian Ilmiah 'Dinamika Hubungan Raja dan Ulama di Jawa'

Sebelum berakhirnya acara, perwakilan dari pondok pesantren sidogiri mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PKU Unida Gontor yang telah menerima kunjungan pada kali ini terkait pembicaraan mengenai masalah manajemen dan kurikulum PKU. Beliau menyatakan, insya Allah dari pondok pesantren sidogiri akan mengirimkan kadernya untuk mengikuti proram PKU ini, agar bisa mengetahui lebih dalam lagi terkait manajemen dan kurikulum PKU. (Laporan Soritua Ahmad/Unida)

No Response

Leave a reply "PP. Sidogiri Studi Banding ke PKU UNIDA Gontor"