Pesantren Sidogiri Terbitkan 15 Media Pers

Written by | Nasional

sidogiri pesantren

Inpasonline.com/18/11/10

PASURUAN – Selama ini orang mengenal Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) sebagai pesantren yang mempertahankan tradisi salaf atau yang biasa dikenal dengan sistem tradisional. Seluruh proses pendidikannya masih bergelut dengan kitab-kitab klasik. Madrasahnya pun juga mandiri dan tidak ada satupun yang mengacu pada kurikulum Depag maupun Diknas. Tapi jangan salah, bukan berarti para santri di PPS tidak tahu dengan perkembangan informasi dan tidak bisa merespon permasalahan-permasalahan yang terjadi di luar pesantren. Mereka ternyata sangat aktif menuangkan ide-ide dan kajian mereka yang tergolong canggih dan up to date dalam media pers mereka.

Dari hasil investigasi inpasonline, ada 15 media pers di PPS yang aktif menginformasikan berita dan kajian-kajian aktual tiap harinya. Media-media tersebut diterbitkan oleh berbagai instansi yang ada di PPS dengan orientasi dan segmen yang berbeda-beda. Bahkan salah satu media pers di PPS ini ada yang sudah merambah ke pasaran Nasional, seperti Buletin Sidogiri. Meskipun bernama Buletin Sidogiri, ini bukanlah sebuah buletin, tapi majalah yang isinya kurang lebih 100 halaman. Menurut Moh. Achyat Achmad, salah seorang pengurus di Pustaka Sidogiri, nama majalah Buletin Sidogiri ini sudah terdaftar dan ijinnya juga dengan nama itu. Memang pada awalnya, jelas Achyat, majalah itu berasal dari buletin yang rutin diterbitkan PPS, tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan juga semakin kompleknya yang harus dimuat, maka kami merubahnya menjadi sebuah majalah, jelasnya.

Untuk menertibkan media-media pers yang ditulis oleh tiap instansi ini, PPS telah mendirikan Badan Pers Pesantren (BPP) sejak tahun 1428 H, jelas pria kelahiran Kota Pasuruan ini. “Tugas dari BPP ini adalah mengawasi, mengkoordinir dan mengarahkan media-media terkait standar isi, tampilan desain, jadwal terbit, orientasi isi dan segmen pembaca masing-masing media pers. BPS ini  juga bertanggungjawab atas proses seleksi dan redaksional media-media tersebut”, jelas penulis buku Menelaah Pemikiran Agus Mustofa ini.

Oleh karena itu, tegasnya, setiap naskah dari media yang akan terbit harus diserahkan kepada BPP untuk dikoreksi dan diedit. Hal ini untuk menjamin isi naskah tersebut tidak bertentangan dengan standar umum yang telah ditetapkan BPP. Diantaranya, tidak bertentangan dengan paham Ahlussunnah wal jamaa’ah, baik secara aqidah, syari’ah dan akhlak. Tidak bertentangan dengan tradisi luhur pesantren, yang diteladankan oleh para masyayikh Sidogiri. Dan tidak rentan menimbulkan keresahan masyarakat.

Selain menetapkan standar umum, BPP juga mengupayakan agar masing-masing media memiliki garis umum sesuai dengan visi-misinya dan mendorong profesionalisme dengan mematuhi jadwal terbitnya. BPP juga mengagendakan beberapa pelatihan dan lomba untuk meningkatkan kualitas media-media di PPS ini. Beberapa pelatihan dan lomba yang pernah diadakan pada tahun 2010 ini, antara lain: Pelatihan teknik penulisan berita, penulisan karya ilmiah, metode desain grafis dan lomba penulisan ilmiah. Semoga semua media pers Pondok Pesantren Sidogiri ini tetap jaya dan menjadi pembela Islam terdepan, amin.(mm)

Media Pers Pondok Pesantren Sidogiri

No

Nama

Instansi

Orientasi

1

Buletin Sidogiri

Sekretariat

Kajian, Refleksi dan Informasi

2

Ijtihad

OMIM MMU Aliyah

Kajian, Refleksi dan santai

3

Istinbat

Kuliah Syari’ah

Ilmiah Keislaman

4

Sidogiri.Net

Sekretariat

Kajian, Refleksi, Diskusi dan Informasi

5

Nasyith

Ikatan Santri Sidogiri (ISS)

Pergaulan dan Gaya Hidup Islami

6

Tau’iyah

Ubudiah

Penyadaran ibadah

7

Maktabatuna

Perpustakaan Sidogiri

Dunia Buku dan Informasi

8

Laziswa

Laziswa Sidogiri

Penyadaran Sosial

9

Mading Himmah

OMIM MMU Aliyah

Tarbiyah, Dakwah dan Mu’amalah

10

Mading Maktabati

Perpustakaan Sidogiri

Dunia Buku dan Informasi

11

Mading Koreksi

Ikatan Santri Sidogiri (ISS)

Problematika Keagamaan dan Sosial Kemasyarakatan

12

Mading Ibtikar

LPBAA

Pengembangan Bahasa Arab dan Asing

13

Mading Tafaqquh

Kuliah Syari’ah

Kajian Islam

14

Mading Madinah

Annajah MMU Tsanawiyah

Sosialisasi Ahlus Sunnah wal Jama’ah

15

Mading Ash-Shihhah

BPS Sidogiri

Info Sehat

 

     

BACA JUGA  Saudi Kaji Rencana Penambahan Kuota Haji Indonesia

Last modified: 18/11/2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *