Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIDA Gontor Adakan Seminar Konsep Islam tentang Managemen

Written by | Berita, Nasional

seminar eonomi Islam

Inpasonline.com-Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengadakan seminar bertajuk “Tantangan Lembaga Keuangan Islam di Era Modern,” pada Sabtu (10/10/2015) kemarin. Hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Muhammad M.Ag, seorang pakar ekonomi syariah dari Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta.
Al-Ustadz Suyoto Arief, Kepala Biro Pengabdian Masyarakat UNIDA dalam sambutanya menegaskan pentingnya mahasiswa UNIDA belajar managemen dalam bingkai syari’ah. Dikatakannya, selama ini orang belum mengenal bahwa ada konsep Islam tentang managemen.
“Sebenarnya Islam telah memiliki system ekonomi yang tidak kalah, bahkan lebih baik daripada sistem konvensional yang ada,” Kata Prof. Muhammad pada acara yang diprakarsai oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) ini.
Dalam paparannya, Prof. Muhammad yang juga alumni Gontor ini menyatakan bahwa Lembaga keuangan idealnya menerapkan konsep managemen, mekanisme, sistem, kebijakan dan infestasi Islami, bukan konvensional ribawi.
“Salah satu yang bisa dijelaskan dalam konsep Islam ini adalah bahwa dalam mengukur kesuksesan suatu usaha, bukan dilihat dari banyaknya laba yang diperoleh, tetapi diukur dari jumlah zakat yang dikeluaran” ujarnya dihadapan ratusan mahasiswa dan dosen.
Acara yang diadakan di Center of Islamic and Occidental Studies (CIOS) UNIDA kampus pusat, Siman Ponorogo ini dilanjutkan dengan tanya-jawab, dan diakhiri dengan doa.
“Acara ini sangat bermanfaat, memacu semangat berjihad dan dakwah Islamiyah di wilayah ekonomi.” Ungkap Nidzom Mahmudi, seorang mahasiswa fakultas Syari’ah peserta seminar.

Sejak berubah status dari Institut menjadi Universitas, UNIDA semakin menggalakkan penelitian, kajian dan pengembangan kurikulum islamisasi ilmu pengetahuan. Setiap mahasiswa dari semua program studi wajib mengambil mata kuliah islamisasi ilmu. Kiriman Usmanul Hakim/PKU-UNIDA Gontor

BACA JUGA  Tiga Pembaharu Ahlussunnah

Last modified: 11/10/2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *