Lebih Sejuta Spesies Tinggal di Lautan

No comment 399 views

Inpasonline, 8/10/10/10

London-Hasil kajian penyelidikan global, Cencus of Marine Life hari ini menemukan bahwa lebih dari sejuta spesies menghuni lautan dengan setidak-tidaknya tiga perempat masih belum dikenali pasti.

Kajian dunia bernilai AS$650 juta ini berhasil menemukan lebih dari 6.000 spesies baru dan beberapa spesies turunan yang sebelumnya jarang dijumpai, tetapi sebenarnya banyak terdapat di dalam laut.

Penelitian ini melibatkan lebih 2.700 saintis, 670 institusi dan lebih 540 pengunjung dengan masa penelitian selama  9.000 hari di laut.

Hampir 30 juta pengamatan dilakukan atas 120,000 jenis spesies kehidupan sepanjang kajian dilakukan. “Apa yang diungkapkan hari ini adalah satu penemuan yang tidak pernah didapatkan sebelumnya,”tulis ketererangan pers lembaga kajian tersebut.

Menurut mereka, hal itu adalah gambaran tentang keberagaman dan betapa banyaknya kehidupan laut di muka bumi ini, mulai dari mikroba sampai paus, dari kawasan kutub ke tropika, dari ombak di tepi pantai sampai dasar laut yang paling dalam.

Kajian itu dilakukan untuk mengenal kehidupan yang pernah mendiami lautan, yang ada sekarang dan kemungkinan spesies yang bisa hidup di laut pada masa depan.

Menurut hasil penyelidikan itu, sebanyak 16,764 spesies ikan berhasil dikenali sejauh ini, tetapi sekitar  5.000 spesies lagi masih belum dapat ditentukan jenisnya.

Ketua Komite Operatori Cencus of Marine Life, Ian Poiner dari Australia mengatakan bahwa penyelidikan ini baru pertama kali dapat menentukan spesies yang dikenal dan tidak secara sistematik.

“Semua kehidupan di permukaan tergantung pada kehidupan di dalam dan dasar laut. Kehidupan laut menyediakan separuh  oksigen dan banyak makanan kepada kita,  selain juga mengontrol  perubahan iklim,” katanya. – (AFP/rl)

 

 

BACA JUGA  Israel Men-Yahudikan Al-Aqsa
No Response

Leave a reply "Lebih Sejuta Spesies Tinggal di Lautan"