Jurnal Islamia Terbaru Mengkaji Isu-Isu Pendidikan dan Tantangannya

Copy of cover Islamia2Inpasonline.com–Setelah ditunggu-tunggu pembaca, akhirnya Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam, ISLAMIA, pada bulan Maret 2014 ini terbit. Jurnal yang diterbitkan INSISTS ini menurunkan tema-tema aktual. Di antaranya, tentang pendidikan karakter, pendidikan multikulturalisme, pendidikan berbasis gender, dan islamisasi pendidikan.

Gelombang pandangan hidup Barat yang cukup massif terpaksa berhadap-hadapan dengan konsepsi pendidikan Islam.

Bentuknya kini sudah berupa perangkat  kurikulum. Seperti kurikulum berbasis kesetaraan gender, kurikulum berbasis multikulturalisme dan kini gencar model pendidikan karakter.

Menjawab tantangan itu, ISLAMIA menurunkan artikel; Problema Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Islam, Peran Masjid dalam Pendidikan Karakter (Akhlaq), Studi Islam: Berbasis Wahyu atau Jenis Kelamin?, Kritik atas Pendidikan Multikulturalisme.

Tawaran pendidikan dari pandangan hidup Barat sejatinya mampu dipenuhi oleh konsepsi pendidikan Islam.

Dalam pendidikan karakter misalnya, konsep akhlaq memiliki aspek karakter yang lebih luhur dan lebih menjanjikan kekuatan dan kestabilan dalam diri seseorang. Agenda-agenda Islamisasi juga mulai ditawarkan.

Terkait dengan ini, ISLAMIA menurunkan artikel Konsep al-Attas tentang Adab (Tawaran Paradigma Pendidikan), Hamka dan Konsep Pendidikan Jiwa, Mengislamkan Pengajaran Sejarah, Sekolah Islam Terpadu dan Agenda Islamisasi Pendidikan.

Apa yang  ditelaah dalam ISLAMIA, hanya sekelumit dari persoalan pendidikan Islam. Maka, kajian yang disoroti di sini hanyalah apa yang saat ini menjadi tantangan pendidikan Islam.

Jurnal ini bisa didapat di INSISTS (021) 7940381. Untuk pembaca di Surabaya dan sekitarnya bisa mendapatkannya di Agen Fikri (Nanang Qosim 081332873806). Selain itu, selama di Islamic Book Fair (IBF) Jakarta pada awal Maret ini bisa diperoleh di stand Majalah Gontor, Hidayatullah, dan stand AQL Center [kh].

BACA JUGA  MUI: Islam Kita Tidak Radikal dan Bukan Liberal
No Response

Leave a reply "Jurnal Islamia Terbaru Mengkaji Isu-Isu Pendidikan dan Tantangannya"