Jalan Palestina Menuju PBB : Survei BBC Perlihatkan Lebih Banyak Dukungan Atas Palestina

Jajak pendapat yang dilakukan BBC dan GlobeScan, menunjukkan dukungan di empat negara yang berpenduduk mayoritas Islam. Namun di Cina juga lebih banyak yang mendukung usulan tersebut. Bahkan di negara-negara yang tinggi penolakannya, lebih banyak yang yang mendukung resolusi itu daripada menentang.

Amerika Serikat dan Filipiina mencatat 36% yang menolak resolusi PBB atas Palestina namun sebanyak 45% warga Amerika dan 56% warga Filipina mendukung pengakuan atas negara Palestina. Otorita Palestina mengatakan akan mengajukan permohonan anggota penuh di PBB pada pekan ini namun Amerika Serikat mengatakan akan memveto langkah itu.

Palestina mengharapkan pengakuan internasional atas negara yang didasarkan pada perbatasan tahun 1967, mencakup Tepi Barat, Jerusalem Timur, dan Jalur Gaza. Israel dan Amerika Serikat mengatakan negara Palestina hanya bisa dicapai lewat perundingan langsung namun babak terakhir perundingan damai antara Israel dan Palestina sudah terhenti tahun lalu.

Dukungan di Indonesia 51% 

Palestina dan PBB

·       Palestinia saat ini menjadi entitas pengamat tetap di PBB

·       Perwakilan Palestina di PBB adalah Organisasi Pembebasan Palestina, PLO

·       Otoritas Palestina ingin meningkatkan status sehingga negara Palestina menjadi anggota penuh PBB

·       Mereka meminta pengakuan berdasarkan perbatasan 1967, mencakup Tepi Barat, Jerusalem Timur, dan Jalur Gaza

Dukungan paling rendah tercatat di India, dengan 32% mendukung serta 25% menolak dan sejumlah besar tidak punya pilihan. Sedangkan dukungan yang paling kuat tercatat di Mesir, dengan 90% mendukung dan hanya 9% menentang. Di negara-negara Islam lainnya, Turki mencatat 60% dukungan dan 19% menolak, sementara Pakistan 52% mendukung dengan 12% menolak, dan Indonesia 51% mendukung dan 16% menolak.

Jajak pendapat menemukan 56% warga Cina mendukung Palestina sebagai negara merdeka dan hanya 9% yang menentang. Di tiga negara utama Uni Eropa juga tercatat lebih banyak yang mendukung keanggotaan Palestina di PBB: Prancis (54% mendukung, 20% menentang), Jerman (53% dan 28%) serta Inggris Raya (53% dan 26%).

Secara menyeluruh 30% dari responden yang disurvei tidak memberikan jawaban karena berpendapat negara mereka sebaiknya abstain atau ‘tergantung’ maupun tidak mempunyai pandangan sama sekali. Sebanyak 20.466 orang di 19 negara diajukan pertanyaan langsung secara tatap muka maupun melalui telepon dalam survei yang berlangsung antara 3 Juli hingga 29 Agustus 2011. Tingkat kesalahan dari survei BBC dan GlobeScan ini antara + maupun – 2,1% hingga 3,5%. (bbc/Kartika Pemilia)

BACA JUGA  Quo Vadis Libya : Ongkos Demokrasi Begitu Mahal
No Response

Leave a reply "Jalan Palestina Menuju PBB : Survei BBC Perlihatkan Lebih Banyak Dukungan Atas Palestina"