Jalan Palestina Menuju PBB : Mahmoud Abbas Bertekad Untuk Terus Berjuang Meski di Bawah Tekanan AS & Israel

“Saya harus memberitahu Anda sesuatu yang penting saya di bawah tekanan berat untuk tidak pergi ke PBB. Tetapi juga saya ingin mengatakan bahwa saya akan pergi ke Dewan Keamanan. Saya tidak ada niat untuk menarik permintaan itu, tidak peduli apa tekanan yang ada”, katanya dalam pertemuan.
Komentar Abbas datang setelah para pejabat diplomatik Israel mengatakan pada hari Kamis (22/9) bahwa perlawanan sengit AS, serta beberapa oposisi Eropa, bisa memaksa dia untuk membuang rencana untuk membawa tawaran kenegaraannya baik ke Dewan Keamanan PBB atau Majelis Umum waktu dekat.

Abbas telah mengajukan permintaan formal pengakuan kenegaraan, melalui Sekretaris-Jenderal Ban Kimoon, kepada Dewan Keamanan pekan lalu. Manfaat dari proposal ini, akan memungkinkan Abbas untuk memaksa pemungutan suara di Dewan Keamanan. Ban, bagaimanapun, tidak dapat meluluskan permintaan itu begitu saja. Ia akan memberikan kesempatan kepada kuartet AS, Uni Eropa, Rusia dan PBB untuk memberikan pernyataan yang disepakati oleh kedua belah pihak.
Meskipun jelas bahwa Palestina akan memenangkan pemungutan suara di Majelis Umum dengan jumlah suara yang besar, pejabat diplomatik mengatakan beberapa negara Eropa yang mendesak Abbas untuk menahan diri dari pergi ke Majelis Umum. Pergi ke Majelis Umum bisa menimbulkan kemungkinan bagi Uni Eropa menjadi terpecah. (AP/republika/Kartika Pemilia)

 

BACA JUGA  No More ISA for Malaysia, “Hibernasi” yang Tak Pernah Kembali
No Response

Leave a reply "Jalan Palestina Menuju PBB : Mahmoud Abbas Bertekad Untuk Terus Berjuang Meski di Bawah Tekanan AS & Israel"