InPAS Adakan Madrasah Kepenulisan

Written by | Nasional

Madrasah Kepenulisan

Inpasonline.com-Institut Pemikiran dan Peradaban Islam (InPAS) sukses menyelenggarakan Kajian Madrasah Kepenulisan, dengan tema “ Membimbing Menulis dari Dasar sampai Terampil ”. Bertempat di Aula Ikhwan, Lantai 2, Masjid Nuruzzaman, Kampus B UNAIR. Kegiatan ini, berlansung selama dua kali pertemuan. Yakni, pada tanggal 16 dan 23 Maret 2019.

Kegiatan ini, dihadiri kebanyakan oleh kalangan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta. Dengan menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dalam dunia kepenulisan, Ustadz M. Anwar Djaelani yang telah menelurkan banyak karya, diantaranya Buku “ Warnai Dunia dengan Menulis ”. Bertindak sebagai pembawa acara dalam kegiatan ini, adalah saudara Arikha FR.

Ustadz Anwar menyatakan bahwa menulis bukanlah kegiatan yang mustahil untuk dilakukan. Setiap orang, mampu dan bisa menghasilkan karya tulisnya sendiri. Tinggal orangnya mau atau tidak. Karena di dalam Al – Quran, lima ayat pertama dari surat Al – Alaq, dengan jelas, Allah memerintahkan hamba – Nya untuk gemar menulis dan membaca. Dan seperti yang kita ketahui, mustahil bagi Allah memerintahkan apa yang hambanya tidak mampu melakukannya.

Kegiatan menulis sendiri, seperti yang beliau sampaikan merupakan salah satu media dakwah. Dengan menulis seseorang bisa menegakkan kebenaran dan mencegah dari kemungkaran, memberikan nasehat, dan sebagai media diskusi dan berdebat.

Kegiatan ini, terbilang efektif. Karena memadukan antara teori dan praktek. Diawali dengan penjelasan dari ustadz Anwar dan dilanjutkan dengan praktek dari peserta, setiap peserta diwajibkan untuk menuliskan sebuah artikel yang kemudian lansung dikoreksi oleh beliau.

Pelaksanaan kegiatan ini sendiri, diharapakan mampu meningkatkan pemahaman menulis bagi peserta. Dan memompa minat menulis peserta, sehingga mampu dan berani mempublikasikan karyanya.

BACA JUGA  Historical Fact And Fiction Muslim Indonesia & Malaysia

Dipenghujung acara, Beliau yang juga aktif menulis artikel diberbagai media cetak maupun online ini, menuturkan bahwa untuk bisa menjadi seorang penulis, seseorang harus sering membaca. Karena tulisan adalah hasil olahan dari apa yang dibaca. Dan beliau memberikan rumus 3 M untuk menulis, yakni Mulai, Mulai, dan Mulai.

Last modified: 05/04/2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *