Ekstrimis Kristen Inggris Bikin Kerusuhan

No comment 405 views

London – Sebuah kelompok ekstrimis berhaluan kanan, Liga Pertahanan Inggris (EDL) yang kerap melancarkan protes terhadap dakwah islam di Inggris bentrok dengan polisi di kota  Leicester, negara bagian utara.

Empat orang ditahan dan seorang petugas polisi masuk rumah sakit. Hampir 1.400 petugas polisi termasuk separuhnya bersenjata lengkap dan menunggang kuda dikerahkan untuk mengawal 1.000 aktivis EDL yang berkumpul di Leicester.

Beberapa demonstran, kebanyakan remaja lelaki sering memisahkan diri membuat keonaran sehingga tak jarang terjadi konfontrasi dengan kelompok remaja setempat.

Para pendukung EDL yang didirikan tahun lalu, memulai aktifitasnya dengan melancarkankan demonstrasi terhadap penyebaran syariah atau hukum syariah di Inggris. 

Kelompok ini menegaskan bahwa aktifitasnya dilakukan secara aman. Namun para analisis menilai  mereka berpotensi menimbulkan kekacauan.

Sabtu lalu, kira-kira 700 anggota sebuah kelompok berhaluan kiri berkumpul mengadakan demonstrasi tandingan di tempat yang tak jauh dari kelompok EDL. Hal seperti inilah yang menyebabkan kedua kelompok yang berbeda paham ini sering bentrok. Pada tahun lalu mereka saling serang di beberapa kota seperti Leeds dan Manchester. – (AP/ut/rl)

 

BACA JUGA  Islam Menghormati Toleransi
No Response

Leave a reply "Ekstrimis Kristen Inggris Bikin Kerusuhan"