Din Syamsuddin Nasehati Tokoh Agama Negara Maju

Din, yang berbicara mewaklili umat Islam, menegaskan, kerusakan dunia yang ditandai dengan terjadinya krisis global di sektor pangan, energi, lingkungan hidup, dan sektor keuangan merupakan akibat ulah negara-negara maju yang serakah dan mau menang sendiri. Oleh karena itu, beliau mendesak negara-negara maju segera melakukan perubahan, untuk mengatasi kondisi memprihatinkan tersebut. Menurut beliau, mestinya negara-negara maju mengubah paradigma pembangunan mereka. Seharusnya, pembangunan tak hanya mengejar pertumbuhan semata, namun juga tidak mengabaikan pemerataan dan keadilan sosial. ”Paradigma ini, juga akan menolak ekploitasi sumber daya alam tanpa upaya melakukan pelestarian apa pun,” Ungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ini.

Dalam kesempatan tersebut, Din juga menyerukan agar negara-negara maju lebih mengedepankan soft-power, dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi di negara lain. ”Selama ini negara-negara maju lebih mengedepankan hard-power. Ini menyebabkan terjadinya kekerasan satu negara terhadap negara lainnya,” tuturnya.

Din yakin dunia akan lebih baik jika pemimpin negara-negara maju memiliki kesadaran baru, bagi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan dunia. Ia memuji pernyataan Presiden AS, Barack Obama, saat berpidato di Mesir 4 Juni lalu. (mm)

 

BACA JUGA  Kemeneg Tak Berwenang Bubarkan NII
No Response

Leave a reply "Din Syamsuddin Nasehati Tokoh Agama Negara Maju"