Daurah InPAS: Struktur Pemikiran Islam

No comment 123 views

Daurah Dr UgiInpasonline.com-Struktur pemikiran Islam menempatkan pandangan Islam terhadap wujud (the worldview of Islam) pada tempat tertinggi. Kemudian secara berturut-turut terdapat pemikiran kalam, fiqh, dan politik atau ilmu-ilmu kemasyarakatan. The worldview of Islam (ru’yatul Islam lil wujud), sebagai stuktur paling tinggi melingkupi konsep tentang Tuhan, konsep wahyu, konsep penciptaan, konsep manusia, konsep ilmu, konsep agama, konsep kebebasan, konsep nilai dan konsep kebahagiaan.

Stuktur pemikiran tersebut harus diberlakukan sesuai tempatnya. Dalam pemikiran kalam dianjurkan untuk berpegang dengan kalam Ahlus Sunnah mayoritas, sambil menghormati kalam minoritas, dan bersikap prihatin   dengan kalam-kalam yang lain. Adapun dalam bidang fiqih, hendaknya beramal dengan salah satu madzhab fiqh dan menjaga adab-adab berbeda pendapat dalam masalah furu’ dan ranting. Sementara soal siyasah dan kemasyarakatan hendaknya umat Islam mengembalikan kepada pemikiran-pemikiran yang lebih tinggi. Dan, yang mempersatukan umat Islam adalah the worldview of Islam itu.

Atas hal itu, InPAS akan mengadakan daurah sehari dengan tema “Stuktur Pemikiran Islam”. Bersama Assoc. Prof. Dr. Ugi Suharto, M.Ec. (Dosen University College of Bahrain) pada Sabtu, 5 Agustus 2017. Tempat: Wisma Tamu Depag, Jl. Pregolan Bunder 6-8 Tegalsari Surabaya.

HTM:
1. Rp. 200.000,- (Umum)
2. 100.000,- (Mahasiswa)
Jika mengikuti acara sampai selesai (full) akan dikembalikan 100%.

Informasi dan Pendaftaran:
Nanang Qosim (081332873806) dengan menunjukkan bukti transfer di BNI Syariah no Rek. 0308869029, a.n. Nanang Qosim.

***
Assoc. Prof. Dr. Ugi Suharto lahir di Jakarta, 27 Februari 1966, adalah pendiri INISISTS yang saat ini tengah mengemban amanah sebagai pengajar di University College of Bahrain. Beliau menempuh pendidikan sarjana dan magister di International Islamic University of Malaysia (IIUM) di bidang ekonomi, dan pendidikan doktoral di International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) dengan disertasi berjudul Early Discourse on Islamic Public Finance, yang meneliti kitab Al-Amwal karya Abu Ubaidh. Di kampus ISTAC, beliau juga pernah mengampu kuliah ilmu hadis yang menjadi salah satu minat intelektualnya, di samping tema lain seperti ilmu kalam dan filsafat Islam, pemikiran Islam kontemporer, dan tentu saja ilmu ekonomi Islam. Karya-karya ilmiah beliau berbentuk buku, artikel di dalam buku, dan artikel di dalam jurnal.

BACA JUGA  Walisongo Adalah Keturunan Hadramaut (1)
No Response

Leave a reply "Daurah InPAS: Struktur Pemikiran Islam"