ACIS X Mengambil Tema Islam Nusantara

Written by | Nasional

Inpasonline, 3/11/10

Konferensi Internasional Kajian Islam atau yang dikenal dengan “Annual Conference on Islamic Studies” (ACIS) kembali digelar tahun ini. Kali ini yang menjadi tuan rumah IAIN Antasari Banjarmasin Kalimantan Selatan dan akan berlangsung 1-4 November 2010. Tema yang dipilih dalam ACIS X ini “Memperkenalkan Kembali Islam Nusantara”.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, Muhammad Ali, Indonesia memiliki peran yang strategis untuk memajukan masyarakat Muslim di dunia. Sebagai negara berpenduduk besar dengan jumlah sebanyak 240 juta Jiwa. Dan sebanyak 85 persen dari total populasi ini merupakan Muslim. Namun, Islam nusantara dalam konteks ini bukan hanya Islam di Indonesia, jelasnya. Tetapi juga Islam di Malaysia dan Singapura yang dahulunya masuk bagian nusantara. 

Dengan tema tersebut, jelas Ali, konferensi ini ingin melakukan kajian lebih tentang hakikat Islam yang dipraktikkan oleh masyarakat Muslim Nusantara dan untuk memetakan kembali kajian Islam di Nusantara. Selain itu, juga menyosialisasikan serta menjadikan Islam Nusantara sebagai pusat kajian keislaman di dunia. (mm/rep)

BACA JUGA  Pamekasan Akan Keluarkan Perda Larangan Ahmadiyah

Last modified: 03/11/2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *