ACIS IX Di Surakarta

No comment 529 views

“Ini merupakan momentum yang tepat bagi ilmuwan, cendekiawan, pemerhati ilmu-ilmu keislaman di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dan lembaga-lembaga lain untuk merumuskan kembali kajian keislaman yang cocok, sesuai dan mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia Islam,“ kata Prof Dr. Mohammad Ali, Dirjen Pendidikan Islam Depag.

Menurut Mohammad Ali, PTAI yang berjumlah 593 lembaga dengan pakar keislaman mencapai seribu orang lebih merupakan potensi yang luar biasa untuk menjadi pusat pengembangan dan kajian ilmu-ilmu keislaman di Indonesia.

“Sebagai forum tahunan, ACIS ini adalah media yang representatif untuk sosialisasi gagasan, penyebaran ide, presentasi hasil penelitian dan penemuan-penemuan ilmiah yang dihasilkan selama ini,’’ katanya.

Barometer perkembangan ilmu-ilmu keislaman di PTAI akan sangat ditentukan oleh seberapa besar keterlibatan pakar ke-Islaman dalam forum ini. Adapun tujuan penyelenggaraan ACIS untuk merumuskan kembali kajian keislaman di PTAI dalam meningkatkan relevansi kajian ke-Islaman dengan persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kebangsaan. Juga bertujuan mencari masalah untuk memecahkan masalah atau memberi solusi atas persoalan kebangsaan dari segi ilmu-ilmu keislaman.
Sementara itu Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam, Prof Dr Machasin menambahkan, ACIS kali ini akan diikuti oleh 750 hingga 1000 peserta dari berbagai unsure, antara lain dari rektor dan ketua PTAI se-Indonesia; direktur pascasarjana PTAI; pengelola PTAI se-Indonesia; peneliti dan dosen PTAI serta pengamat studi keislaman dari sejumlah negara seperti Eropa, ASEAN dan Timur Tengah.
Tampil sebagai keynote speaker Kepala Litbang dan Diklat depag, Prof Dr, Atho Mudzhar. Juga tampil sebagai pembicara antara lain Amin Abdullah (Rektor UIN Yogyakarta), Imam Suprayogo (Rektor UIN Malang), Masykuri Abdullah (Guru Besar UIN Jakarta), Bambang Pranowo (Staf Ahli Dephan serta Mohammad Ali (Dirjen Pendis Depag). Menurut Machasin, selain pembicara dari dalam negeri akan tampil pembicara dari Mesir dan Lebanon. Pada penyelenggaraan ACIS ke-9 ini juga akan digelar Islamic book fair, pameran Islamic Trading and Finance serta bazar produk makanan dan pakaian serta city tour.(DJO)

BACA JUGA  Polemik Seputar Tempat Hiburan di Tengah Ramadhan
No Response

Leave a reply "ACIS IX Di Surakarta"